Breaking News
Loading...
Wednesday, November 13, 2013

Informasi CPNS Samosir - 5.611 Mahasiswa USU Terima Beasiswa

7:23 AM
Sebanyak 5.611 mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) menerima beasiswa pada 2010 lalu. Beasiswa tersebut berasal dari 17 instansi dan perusahaan yang kemudian disalurkan USU kepada mahasiswa, baik program sarjana mamupun diploma dari 13 fakultas yang ada di perguruan tinggi negeri (PTN) tersebut.

"Bantuan ini diserahkan oleh pemerintah dan pihak swasta. Besar nominal bantuannya bervariasi antara Rp1,2 hingga Rp10 juta per tahun bagi setiap mahasiswa," kata Kepala Bagian Humas USU Bisru Hafi di Kampus USU, Padang Bulan, Medan, Senin (7/2/2011) pagi.

Menurut Bisru, USU tetap memiliki komitmen dan perhatian dalam melakukan pembinaan bagi para mahasiswanya. Pembinaan ini tidak hanya dalam bentuk proses akademik, tetapi juga persoalan kelanjutan studi mahasiswa. Berkaitan dengan biaya pendidikan, USU berusaha mencarikan beasiswa bagi para mahasiswa yang kurang mampu dalam pendanaan.

"Kita tahu, para mahasiswa ini berasal dari latar belakang yang berbeda. Ada juga yang berasal dari keluarga dengan kemampuan untuk memenuhi biaya pendidikan yang lemah. Karena itulah diperlukan bantuan biaya pendidikan atau beasiswa," ujarnya lagi.

Beasiswa ini diharapkan berasal dari potensi dana Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai wujud dari tanggung jawab sosial perusahaan di Indonesia. Jumlahnya sendiri cukup signifikan, dengan perkiraan mencapai Rp12-20 triliun per tahun. Jika, sebagian potensi dana CSR tersebut dialokasikan untuk bidang pendidikan, maka dapat memberikan dampak positif.

Apalagi jika bantuan dana tersebut diprogramkan dengan baik, berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat yang menyangkut keterbatasan biaya pendidikan. Hal tersebut akan mampu meningkatkan persentase Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan, khususnya pada jenjang pendidikan tinggi di Indonesia yang saat ini baru berkisar 18 persen.

"Kita berharap nantinya jumlah bantuan biaya pendidikan ini akan lebih meningkat lagi, baik dari segi kuantitas maupun besarannya. Sehingga dapat membantu mahasiswa berprestasi dan kurang mampu lebih banyak lagi," kata Bisru.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Entri Populer

 
Toggle Footer