Breaking News
Loading...
Tuesday, October 29, 2013

Info Beasiswa PAKPAK BHARAT - BANTUAN BEASISWA BAGI MAHASISWA ASAL KAB. PAKPAK BHARAT YANG LULUS KE PTN

9:13 AM
Program Pemkab Pakpak Bharat melakukan pemberian bantuan beasiswa bagi mahasiswa asal Kabupaten Pakpak Bharat yang lulus ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN), terus berlanjut. “Program ini merupakan bagian dalam perwujudan visi dan misi Kabupaten demi meningkatkan kualitas SDM di Kabupaten ini”, sebut Bupati Pakpak Bharat, Remigo Yolando Berutu, MBA.
Agar beasiswa tersebut semakin tepat sasaran dan sesuai dengan kondisi kebutuhan sekarang, Bupati telah mengeluarkan Peraturan Bupati Pakpak Bharat nomor 10 tahun 2013 tentang Pemberian Bantuan Beasiswa Kepada Mahasiwa/I Lulusan SMA/MA/SMK Kabupaten Pakpak Bharat Yang Masuk Perguruan Tinggi Negeri.
Di dalam Perbup yang baru tersebut dijelaskan bahwa mahasiswa/i yang berhak menerima bantuan merupakan lulusan dari SMA/MA/SMK Kabupaten Pakpak Bharat dan telah mengikuti pendidikan di sekolah tersebut sejak kelas X (sepuluh). Bagi orang tua siswa yang akan menerima bantuan juga harus tinggal di Kabupaten Pakpak Bharat minimal 3 tahun. Ketentuan ini dikecualikan apabila ada orang tua siswa tersebut tergolong miskin dan memiliki wali di Kabupaten ini.
Pembatasan-pembatasan dilakukan terhadap orang yang dikategorikan tidak berhak menerima beasiswa yaitu apabila orang tua (ayah dan atau ibu) sang calon tersebut merupakan PNS golongan IV, anggota TNI dan Polri setara gol. IV serta pegawai BUMN/BUMD.
“Pembatasan-pembatasan juga dilakukan dalam indeks prestasi”, sebut Ka. Bidang Dikmen, Drs. Morasi J Berutu, MM yang didampingi Ka. Seksi Kurikulum, Edima Silaban, S. Pd saat dikonfirmasi di ruangannya, Rabu (05/06). “Untuk penerima beasiswa tahun kedua, Indeks Prestasi minimal para mahasiswa penerima beasiswa yaitu 2,50 (skala 4,00) pada semester I dan II, minimal 2,75 pada semester III dan IV untuk penerima beasiswa tahun ketiga dan bagi penerima tahun keempat, IP minimal 2,85 pada semester V dan VI”, sambung beliau lagi.
Dijelaskan juga bahwa berdasarkan Perbup terbaru ini, jumlah beasiswa yang berasal dari APBD Kabupaten Pakpak Bharat akan diberikan pertahunnya berdasarkan 4 kategori yang merupakan jurusan dari para mahasiswa/i penerima. Untuk kategori A yaitu Kedokteran, Kedokteran Gigi, Teknik (Sipil, Mesin, Pertambangan, Perminyakan, Lingkungan, Metalurgi, Arsitektur, Industri, Kimia, Komputer, Elektro, Planologi, Geologi, Geofisika, dan Mikrobiologi) Ekonomi, Hukum, Pertanian dan Kehutanan akan menerima 18 juta rupiah pertahun. Untuk kategori B yaitu Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, Ilmu Gizi, Sosial Politik (Hubungan Internasional, Administrasi Niaga, Administrasi Negara, Komunikasi, dan Perpajakan), Peternakan, MIPA (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Farmasi, Astronomi, Statistika, Sistem Informasi dan Meteorologi), Keguruan (Matematika, Fisika, Biologi, B. Indonesia, B. Inggris, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Teknik Sipil, Pendidikan Teknik Mesin dan Pendidikan Teknik Elektro), Sastra Indonesia dan Sastra Inggris akan mendapat 12 juta rupiah pertahun. Untuk kategori C yaitu Perikanan/Kelautan, Perkapalan, Antropologi Sosial, Sosiologi, Psikologi, Politeknik Negeri, dan Keguruan lainnya (Sosiologi, Geografi, Penjas, Kepelatihan, PGSD, PGPAUD, Bimbingan Konseling dan Ekonomi) akan menerima 7 juta rupiah setahun. Kategori terakhir adalah kategori D, yaitu untuk kategori selain kategori yang telah disebutkan dan akan menerima 3 juta rupiah pertahun.
“Apabila yang bersangkutan telah menerima beasiswa dari pihak lain, maka dinyatakan tidak berhak menerima beasiswa APBD Kab. Pakpak Bharat ini dan hanya berlaku untuk program D-3 dan S-1”, tegas Kabid lebih lanjut. Diakhir pembicaraan, mereka menjelaskan bahwa saat ini potensi untuk penerima beasiswa baru pada tahun 2013 ini sudah ada yaitu para lulusan PTN melalui jalur undangan, walaupun secara keseluruhan masih menunggu hasil SNMPTN dan UMB. Semoga dengan pemberian bantuan beasiswa ini, tunas-tunas muda Kabupaten Pakpak Bharat akan semakin termotivasi untuk mempersembahkan yang terbaik dan mengharumkan nama Kabupaten tercinta.

2 comments:

  1. njuah-njuah admin
    ingin brtanya admin,apa nggak ada beasiswa untuk orang asli pakpak bharat yang lulus ke ptn tpi tidak luluan dari SMA pakpak bharat?
    mohon jawabannya pak

    ReplyDelete
  2. Njuah njuah admin
    Ingin bertanya
    Apakah beasiswa untuk mahasiswa dari pakpakbharat 2019 di unimed masih ada?

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Entri Populer

 
Toggle Footer