Breaking News
Loading...
Monday, November 18, 2013

Informasi Beasiswa Simalungun - Pemkab Simalungun Berikan Beasiswa Kepada 517 Orang Anak

8:00 AM
Dalam upaya kelanjutan pedidikan sekaligus untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi masyarakat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun di tahun 2013 ini, memberikan beasiswa kepada 517 orang siswa SD, SMP dan SMA, terutama dari keluarga kurang mampu dan memiliki prestasi. Hal sejalan dengan komitmen Bupati Simalungun, DR JR Saragih SH MM, bahwa sejak kepemimpinannya beliau menginginkan tidak ada anak yang tidak bersekolah di daerahnya.
Pemberian beasiswa tersebut, dilaksanakan, Sabtu, 15/06/2013 di depan Kantor Bupati Simalungun Pamatang Raya dan langsung diserahkan oleh Bupati Simalungun yang ditandadi dengan pemberian buku rekening yang dimiliki masing-masing anak di Bank Sumut, dan disaksikan oleh Sekda, Drs Gidion Purba MSi serta para pimpinan unit kerja dijajaran Pemkab Simalungun dan orang tua siswa yang menerima beasiswa.
Beasiswa yang diberikan untuk 517 orang tersebut besarnya berbeda-beda, seperti anak SD sebesar Rp. 100.000,- per bulan per orang, untuk anak SLTP sebesar Rp. 150.000,- per bulan per orang, bagi anak SLTA sebesar Rp. 200.000,- per bulan per orang, selama 6 bulan berturut yang diberikan melalui rekening masing-masing anak terhitung Juli s/d Desember 2013. Selain itu, untuk masing-masing anak Bupati Simalungun memberikan bantuan Rp. 10.000,- untuk membuka rekening ini baru.
Sejalan dengan itu, turut juga diberikan biaya pendidikan kepada 22 orang anak berprestasi dari keluarga tidak mampu untuk melanjutkan pendidikannya ke Institut Pertanian Bogor (IPB) yang semuanya ditanggung Pemkab Simalungun.
Tidak hanya itu, dalam mambantu kelanjutan pendidikan anak-anak, Bupati juga melakukan kerjasama para donatur memberikan beasiswa kepada kepada 48 orang anak untuk melanjutkan pendidikan ke SMA Plus Efarina. Besarnya besiswa untuk 48 orang anak tersebut sebesar Rp. 420 juta.
“Pemberian beasiswa ini, bertujuan untuk membantu masyarakat dalam melanjutkan pendidikan anak-anak mereka dan ini merupakan program bantuan pemerintah bagi anak SD, SMP, SMA dan mahasiswa sehingga mereka lebih baik, apalagi anak-anak itu memiliki prestasi dan orang tuanya tidak mampu untuk melajutkan pendidikannya,”kata Bupati dihadapan para wartawan deri berbagai media cetak dan eletronik yang meliput acara pemberian beasiswa itu.
Menurut Bupati, dalam pemberian beasiswa tersebut, tidak memandang suku, agama dan ras maupun golongan. “Kita sangat butuh generasi penerus yang memiliki kualitas, untuk membangun Simalungun agar lebih baik. Mereka ini semua anak-anak saya, maka tidak ada pilih kasih dan yang ke IPB itu mereka putra-putri terbaik daerah ini,”kata JR Saragih yang sangat peduli tentang kemajuan pendidikan di Kabupaten Simalungun sembari berharap kepada abak-anak yang ke IPB untuk menjaga nama baik daerah Kabupaten Simalungun.
Dalam kesempatan itu, Bupati Simalungun berharap kepada para orang tua untuk memanfaatkan beasiswa tersebut untuk kepentingan sekolah anak-anak. “Mari kita jadikan anak-anak ini menjadi yang terbaik, sehingga kelak mereka dapat menjadi garam dan terang ditengah-tengah masyarakat,”ujar Bupati sembari berharap kepada masyarakat untuk medo’akan Pemkab Simalungun, sehingga program pemerintah ini dapat berkelanjutan di tahun-tahun berikutnya.
Suripah br Damanik, orang tua dari salah seorang anak yang menerima bea siswa memberikan apresiasi kepada Bupati Simalungun yang sangat peduli untuk kemajuan penidikan bagi masyarakat. “Saya atas nama orang tua anak yang menerima bantuan beasiswa, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Simalungun yang telah memberikan bantuan kepada anak-anak kami untuk dapat melanjutkan pendidikannya. Saya berharap hal ini dapat terus dilakukan oleh pemerintah untuk membantu kami dalam melanjutkan pendidikan anak-anak,”katanya.
Sementara itu, Herianto Sitepu, salah seorang anak yang dibiayai oleh Pemkab Simalungun untuk melanjutkan pendidikan ke IPB mengaku sangat bangga dengan Bupati Simalungun yang memberikan kesempatan baginya untuk melanjutkan sekolah ke IPB. “Saya bangga dengan Bupati Simalungun dan saya senang dapat melanjutkan sekolah yang lebih tinggi, apalagi ke IPB yang telah populer itu,” kata anak dari B Sitepu dan P br Ginting itu.
Herianto yang mempunyai cita-cita menjadi dokter hewan itu, merasa sangat senang, pasalnya cita-citanya pasti akan tercapai. “Selesai sekolah nanti saya juga akan mengabdi di Kabupaten Simalungun,”kata anak yang menyelesaikan pendidikan SMK-nya di Yayasan Efarina.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Entri Populer

 
Toggle Footer