Breaking News
Loading...
Monday, November 18, 2013

Info Beasiswa Terbaru - Beasiswa Bupati Simalungun Beri Beasiswa kepada Pelajar tidak Mampu

8:13 AM
Bupati Dr JR Saragih SH MM didampingi Kapolres AKBP Andi Syariful SIK MSi, Kadis Pendidikan Resmas Saragih meninjau pelaksanaan ujian nasional (UN) di beberapa sekolah yang berada di Pamatang Raya, Selasa, (l6/4).

Sekolah yang ditinjau bupati SMK Pertanian Raya, di sekolah ini peserta yang mengikuti UN 282 orang yang dibagi dalam 15 ruangan. Semua peserta serius membaca soal ujian dan mengisi di dalam lembaran jawaban serta mendapat pengawasan dari tim pengawas sebanyak 20 orang berasal dari Unimed, SMK Efarina dan SMK GKPS Raya serta dari Polres Simalungun.

Saat berada di SMK Pertanian, bupati tidak hanya melakukan peninjauan peserta UN, tetapi bupati didampingi Kepala Sekolah Ir Dameanto Purba MSi dan kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan Kecamatan Raya Janpiden Damanik SPd meninjau lingkungan dan beberapa ruang sekolah.

Saat melihat lingkungan sekolah dan beberapa ruangan, bupati menunjukkan kekesalannya kepada kepala sekolah dan kepala UPT, masalahnya lingkungan dan beberapa sarana sekolah itu terkesan kurang mendapat perhatian dalam perawatan. Bupati mengambil tindakan tegas terhadap kepala sekolah dan kepala UPT.

"Hal ini kita lakukan, agar para kepala sekolah dan UPT di masing-masing sekolah dan kecamatan melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya, apalagi ini tempat belajar bagi anak-anak," ujar bupati.

Bupati menjelaskan, peserta yang tidak mengikuti UN, karena terlambatnya pendistribusian soal-soal ujian. "Di Simalungun ada 42 sekolah yang belum melaksanakan UN, dari sekolah itu sebanyak 1.461 orang peserta, hal ini karena soal ujian belum tiba di sekolah mereka," jelas bupati. Dalam mengatasi bagi pelajar yang belum dapat melaksanaan ujian, bupati mengatakan, ujian susulan akan dilaksanakan pada tanggal 22 s/d 25 April 2013 mendatang.

"Mereka akan mengikutinya pada pelaksanaan ujian susulan yang akan dilaksanakan pada 22 s/d 25 April 2013 mendatang, namun sebelum melaksanaan ujian nantinya, mereka akan dikumpulkan terlebih dahulu dab akan diberikan motivasi hingga dalam melaksanaan ujian lebih bersemangat," ujar bupati.

Bupati juga meninjau pelaksanaan UN di SMA Negeri I Raya dan SMA GKPS I Raya.

Di SMA Negeri I, peserta yang mengikuti UN 198 orang dibagi dalam dua jurusan yaitu, IPA sebanyak 104 orang dan IPS sebanyak 94 orang.

Di sekolah SMA GKPS I Raya peserta UN sebanyak 62 orang, jurusan IPA 39 orang dan IPS 23 orang dan 2 orang tidak mengikuti karena drop out.

Pelajar Berprestasi

Bupati meminta kepada para kepala sekolah untuk menunjukkan pelajar yang memiliki prestasi, terutama bagi mereka dari keluarga yang tidak mampu. Tujuan bupati untuk menyekolahkan mereka pada Institut Pertanian Bogor (IPB) dan dibiayai Pemkab Simalungun sampai selesai.

Di SMK Pertanian, Kepala Sekolah menunjukkan beberapa pelajar yang memiliki prestasi melalui daftar nilai di rapor masing-masing pelajar.

Ada tiga pelajar dari sekolah itu yang memiliki prestasi yang baik, Ida Rovani Sitopu, Ariaman Damanik dan Fitra Saragih. Ketiganya merupakan anak-anak berprestasi dari keluarga tidak mampu.

Di SMA Negeri I Raya pelajar yang berprestasi dari keluarga didak mampu ada dua orang yaitu, Fredy Martin Purba dan Eli C Ambarita, mereka juga akan mendapat beasiswa dari Pemkab Simalungun untuk sekolah di IPB.

"Kita sangat prihatin melihat mereka. Mereka anak-anak berprestasi tapi keluarganya tidak mampu. Karena kita akan sekolahkan mereka melalui dana dari Pemkab Simalungun di IPB. Untuk tahun ini ada 15-20 pelajar yang akan dibiayai untuk sekolah di IPB dan ini baru ada lima orang, sisanya akan seleksi dari sekolah-sekolah yang ada di daerah ini," ungkap bupati.

Menyinggung tentang besarnya dana yang akan di berikan kepada masing-masing pelajar yang akan disekolahkan di IPB itu, bupati mengatakan, setiap pelajar akan diberikan dana sebesar Rp 2 juta perbulan untuk kebutuhan sehari-hari dan langsung dikirim melalui rekeningnya ditambah dengan biaya sekolah setiap semester.

Fredy Martin Purba dan Eli C Ambarita, keduanya pelajar berpreastasi dari SMAN 1 Raya tapi mereka dari keluarga kurang mampu senada mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Simalungun yang memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengecap pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan mendapat beasiswa dari Pemkab Simalungun.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Entri Populer

 
Toggle Footer