Breaking News
Loading...
Tuesday, June 10, 2014

Informasi Beasiswa Pendidikan Kota Dumai - Rp 929 Juta Beasiswa Pemko Dumai Segera Dibagikan

6:18 AM
Pemko Dumai melalui bantuan sosial telah menganggarkan Rp 929 juta untuk beasiswa. Dana tersebut bakal dibagikan pada 447 mahasiswa.

Riauterkini-DUMAI- Pemerintah Kota Dumai melalui Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) dalam waktu dekat akan mengucurkan bantuan dana tahap pertama yang bagi 447 orang mahasiswa asal Kota Dumai. Adapun dana yang bersumber dari tahun anggaran 2012 dan dikemas dari pos Bantuan Sosial (Bansos) mencapai Rp929 juta.

"Penyaluran bantuan tersebut untuk teknis realisasinya dilakukan pada bagian Kesra. Namun pengucuran dananya dilaksanakan oleh bagian Keuangan Pemko Dumai. Beasiswa tersebut akan langsung dikirim melalui rekening masing-masing mahasiswa sesuai yang telah didaftarkan saat pengusulan beasiswa di Kesra," ungkap Paisal, Kepala Kesra Dumai, Selasa (23/10/12) di ruang kerjanya.

Penyerahan bantuan atau beasiswa kepada mahasiswa ini berdasarkan Peraturan Walikota (Perwako) Dumai nomor 4 tahun 2012. Sedangkan jumlah beasiswa yang akan disalurkan ini, kata mantan Dirut RSUD Dumai mengatakan, bahwa tahun 2012 ini mengalami perbedaan dari pada tahun sebelumnya 2011.

"Tahun 2012 ini jumlah peruntukannya tak hanya dipilah berdasarkan kategori jenjang pendidikan di perguruan tinggi, namun juga dibedakan dengan daerah tempat mahasiswa bersangkutan menuntut ilmu. Jumlah pada satu jenjang antara mahasiswa yang belajar di perguruan tinggi Dumai dengan luar Dumai berbeda peruntukannya. Bagi mahasiswa yang belajar di luar daerah seperti di Jawa cenderung mendapat jumlah yang lebih besar," ungkapnya.

Kemudian untuk jumlah beasiswa itu sendiri, kata Paisal, bagi mahasiswa yang mengikuti program diploma III dan kuliah perguruan tinggi di Kota Dumai akan mendapatkan Rp 1.250.000. Sedangkan untuk mahasiswa asal Kota Dumai yang kuliah diluar daerah dialokasinya sebesar Rp 1,7.00.000.

"Bagi mahasiswa yang kuliah dalam kawasan Kota Dumai akan diberikan bantuan sebesar Rp Rp 1,7 juta. Sedangkan untuk luar Dumai relatif lebih besar, tapi masih dalam wilayah Pulau Sumatera jumlahnya Rp 2.175 juta. Jumlah yang dibantu untuk jenjang Sarjana itu juga berbeda bagi yang kuliah di perguruan tinggi seperti di pulau Jawa yakni besar bantuan belajar tersebut sebesar Rp 4 juta," jelasnya.

Sedangkan mahasiswa program S 1 yang belajar di luar negeri mendapatkan Rp 6,5 juta. Begitu juga untuk klasifikasi jenjang S2.Untuk mahasiswa S2 kuliah di luar Dumai mendapatkan bantuan sebesar Rp 4 juta. Untuk yang diluar Dumai tapi kuliah di Jawa diberikan Rp 5,9 juta. Sedangkan untuk mahasiswa S2 luar negeri besaranya Rp 7 juta. Namun, penyaluran bantuan belajarnya berdasarkan klasifikasi daerah tempat mahasiswa Dumai kuliah ini baru akan dimulai tahun ini.

"Besarnya anggaran yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan belajar dan juga biaya hidup yang cukup tinggi. Penyaluran bantuan tersebut diprioritaskan untuk mahasiswa khususnya dari keluarga tidak mampu. Hal itu dibuktikan dengan surat miskin atau surat keterangan tidak mampu dari kelurahan tempat tinggal mereka masing-masing. Selain surat yang menyatakan ketidakmampuan dari segi ekonomi, juga ada persyaratan lain yang menjadi penilaian pemerintah," katanya.

Selain dari keluarga tak mampu, ujar Paisal, mahasiswa bersangkutan harus berperestasi yang ditunjukan dengan pencapain nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) untuk program sosial 3,00 dan eksak 2,75 dan harus melampirkan KTP Dumai dan Kartu Tanda Mahasiswa yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi bersangkutan.**(
Next
This is the most recent post.
Older Post

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Entri Populer

 
Toggle Footer