Breaking News
Loading...
Tuesday, June 10, 2014

Info Beasiswa Kep Meranti - 308 Siswa SMA Kepulauan Meranti Ikuti Seleksi Beasiswa

5:59 AM
Sebanyak 308 siswa SMA sederajat di Kepulauan Meranti yang saat ini duduk di kelas III mengikuti seleksi penerimaan beasiswa sekolah di Diploma Tiga (D3) ekonomi terapan Sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada (UGM).

Seleksi dilakukan di SMAN 2 Tebing Tinggi, Jalan Tutwuri Handayani Selatpanjang, Ahad (30/3). Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadis Dikbud) Kepulauan Meranti, Drs Bakhtiar MP mengatakan beasiswa yang akan dibiayai nantinya oleh Pemkab Meranti sebanyak 30 orang siswa. Selain mengikuti tes tertulis 308 siswa tersebut juga akan mengikuti tes wawancara.

‘’Nantinya 30 siswa terpilih akan kita biayai sepenuhnya. Mulai dari biaya kuliah, biaya transportasi, asrama dan biaya lainnya,’’ katanya.

Menurutnya kerja sama dengan UGM telah dilakukan sejak tahun 2011 lalu. Namun memorandum of understanding (MoU) dilakukan pada awal tahun 2014 lalu.

‘’Ini upaya kita untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) anak-anak kita. Setelah lulus nantinya seluruh anak-anak ini akan langsung jadi dan memiliki skill yang dibutuhkan di daerah kita,’’ katanya.

Dalam seleksi, lanjut Bakhtiar dilaksanakan oleh pihak Sekolah Vokasi UGM sendiri yang didatangkan ke Meranti sehingga pelaksanaan seleksi bisa lebih objektif.

Wakil Direktur Akademik Kemahasiswaan Sekolah Vokasi UGM, Dr Wikan Sakarinto ST MSc yang datang ke Selatpanjang kepada Riau Pos menegaskan selain tes secara akademik seluruh peserta juga mengikuti tes wawancara. Sementara mata pelajaran yang diujikan kepada 308 siswa yakni bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika dan IPS yang meliputi ekonomi dasar, geografi dan sejarah.

‘’Kita bukan hanya mencari calon mahasiswa yang pintar secara akademik saja, tapi juga memiliki kemampuan bersosialisasi, motivasi tinggi dan lainnya, makanya kita juga melakukan tes wawancara,’’ ungkapnya.

Nantinya setelah diterima dalam mengikuti proses perkuliahan, lanjut Dr Wikan 60 persen praktik dan 40 persen teori. Pada semester 6 nantinya 30 mahasiswa tersebut akan dimagangkan di kantor pemerintahan di Meranti.

‘’Kurikulum belajar juga akan disesuaikan dengan kebutuhan Pemkab Meranti. Sebab sesuai permintaan setelah tamat nantinya akan bekerja di Pemkab Meranti. Tujuannya untuk membangun kebesaran dengan pilar putra-putri Meranti,’’ terangnya.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Entri Populer

 
Toggle Footer