Breaking News
Loading...
Tuesday, June 3, 2014

Informasi Beasiswa di Siak - Pemkab Siak Sediakan 3400 Beasiswa

4:40 AM
Pemerintah Kabupaten Siak, Provinsi Riau, menyediakan sebanyak 3.400 beasiswa bagi mahasiswa yang merupakan putera daerah setempat dalam membantu mereka meringankan biaya pendidikan.

"Beasiswa itu diberikan kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dan diharapkan mereka menggunakan untuk kebutuhan perkuliahan seperti membeli buku pelajaran ataupun biaya kuliah," kata Kabag Kesra Siak Darusalim di Siak, Selasa.

Pihaknya telah membuka pendaftaran beasiswa bagi mahasiswa asal Kabupaten Siak tersebut sejak Senin (19/11) dan kini tempat penerimaan berkas pendaftaran mulai ramai dikunjungi.

Ia menyatakan setidaknya telah sekitar duaribu mahasiswa yang mengurus permohonan beasiswa dengan anggaran total lebih dari empat miliar rupiah bersumberkan dari dana anggaran pendapatan dan belanja daerah.

"Pemberian beasiswa berdasarkan tingkat pendidikan, besarannya juga sama seperti tahun sebelumnya, mahasiswa D3 mendapatkan Rp1,6 juta sedangkan yang S1 Rp1,9 juta dan S2 mendapatkan Rp2,5 juta," ucapnya.

Tahun sebelumnya, sebanyak tiga ribu empat ratus mahasiswa yang menerima beasiswa. Tahun ini mungkin akan sama, mengingat data yang dipakai merujuk data tahun 2012, belum diperbaharui.

Darusalim menekankan, bahwa sekiranya beasiswa ini benar-benar dimanfaatkan orang yang tepat.

"Ini adalah beasiswa pendidikan bagi yang kurang mampu, jadi yang mengajukan permohonan hendaknya berasal dari keluarga kurang mampu saja, dan saat diterima nantinya pergunakan untuk keperluan pendidikan," harapnya.

Untuk menjamin hal tersebut, diperlukan surat keterangan miskin dari desa melalui camat bagi pengaju permohonan. "Yang mengajukan jangan pula hanya gara-gara uang segini lantas ikut mengurus surat keterangan miskin, padahal dari keluarga mampu, sangat memalukan itu namanya," ujarnya.

Ia menyatakan akan mencoba selektif dalam memberikan beasiswa agar tepat sasaran namun kesadaran sensor sendiri dari mahasiswa setempat sangat diperlukan dalam memudahkan penyaluran secara benar

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Entri Populer

 
Toggle Footer