Breaking News
Loading...
Tuesday, October 1, 2013

Info CPNS Labuhan Batu - Pemkab Labuhanbatu Beri Beasiswa, 420 Siswa Masuk PTN

9:34 PM
Rantauprapat ( Berita ) Janji Bupati Labuhanbatu dr H Tigor Panusunan Siregar SpPD untuk memberikan beasiswa atau bantuan pendidikan kepada siswa SLTA yang masuk perguruan tinggi negeri (PTN) baik melalui jalur undangan maupun melalui jalur ujian kini menjadi kenyataan. Bantuan pendidikan yang baru pertama kali dilaksanakan di Sumatera Utara itu digelar dalam suatu acara yang cukup meriah di aula asrama haji Rantauprapat, Senin (10/6).
Kali ini sebanyak 420 siswa yang masuk PTN melalui jalur undangan mendapatkan bantuan pendidikan yang diberikan secara bervariasi tergantung fakultas yang diikuti, yakni sebesar Rp 4 juta – Rp 6 juta. Sebagai contoh siswa yang masuk Fakultas Kedokteran USU tidak akan sama dengan mereka yang masuk program diploma di universitas yang sama.
Program pendidikan gratis berupa peningkatan mutu pendidikan yang dicanangkan Tigor pertengahan tahun 2011 lalu tampaknya telah membuahkan hasil. Betapa tidak, dari data yang ada terjadi peningkatan sebesar 20 % siswa Labuhanbatu yang masuk PTN dibanding tahun lalu. Selain itu, pada tahun ini telah terjadi pemerataan bagi mereka yang masuk PTN, yakni seluruh SMA yang ada di seluruh kecamatan terwakili untuk masuk ke PTN tersebut.
Sebagai contoh, dalam 3 tahun terakhir tidak ada satupun siswa di daerah pantai yang berhasil masuk PTN, namun pada tahun ini lebih dari 50 siswa berhasil masuk PTN melalui jalur undangan. Demikian juga yang masuk PTN ternama seperti UI dan ITB, pada tahun ini siswa Labuhanbatu berhasil menembusnya, padahal dalam 20 tahun terakhir belum satupun siswa yang berhasil masuk ke sana.
Bupati Tigor Panusunan Siregar menyebutkan bantuan itu lebih tepat dikatakan sebagai penghargaan kepada siswa yang berprestasi atau beasiswa prestasi dari pada bantuan pendidikan. Alasan bupati mengatakan itu, karena pemberian beasiswa itu hanya diberikan kepada mereka yang benar-benar memiliki prestasi yang membanggakan, yakni masuk PTN.
Dikatakannya, bantuan yang diberikan ini tidak memandang latar belakang dan sosial ekonomi seseorang, tetapi diberikan semata-mata karena prestasinya dapat masuk PTN. “Pemkab Labuhanbatu memberikan beasiswa ini karena prestasinya, sementara beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu telah ditampung oleh pemerintah pusat melalui dana APBN”, ungkapnya.
Kepada para siswa yang hadir pada acara itu Tigor berpesan agar belajar dengan sungguh-sungguh, karena bantuan yang diberikan akan ditentukan dari indeks prestasi (IP) dari mahasiswa itu sendiri. “Kalian harus mampu mempertahankan IP yang ditentukan agar tahun depan bantuan seperti ini dapat diraih lagi”, kata Tigor.
Dengan belajar bersungguh-sungguh, jelas Tigor, maka masa depan akan mudah diraih. “Masa depan bangsa ini di tangan kalian, kami hanya menyiapkan fasilitas”, kata Tigor, seraya mengatakan bahwa program bantuan siswa berprestasi itu akan terus berlanjut sampai akhir masa jabatannya pada tahun 2015.
Pada kesempatan itu Tigor juga menyerahkan bantuan 20 unit laptop yang diberikan kepada siswa melalui undian. “Bantuan ini hendaknya dapat memicu dan memacu agar kalian giat belajar”, katanya, seraya meminta para siswa agar dapat menghargai perbedaan, karena kita berada di alam demokrasi, perbedaan merupakan Sunnatullah dalam agama Islam.
Pada bagian lain Tigor mengungkapkan, bahwa pada tahun depan Pemkab Labuhanbatu akan bekerja sama dengan Kodim 0209 dan Polres Labuhanbatu untuk memfasilitasi bagi siswa yang berkeinginan masuk Akademi Militer dan Akademi Kepolisian. “Kita akan bekerjasama dengan Polres dan Kodim untuk membentuk siswa baik fisik maupun mentalnya agar mudah masuk ke akademi tersebut”, katanya.
Turut memberikan sambutan pada acara itu Ketua Dewan Pendidikan, Drs Ngampuni Tarigan dan perwakilan orang tua siswa Drs Zulham Abdul Fattah yang pada intinya mengucapkan terima kasih kepada Bupati yang telah membuat program yang spektakuler tersebut.
“Kini kita dapat melihat dengan nyata program pendidikan gratis yang dicanangkan 2,5 tahun lalu itu telah membuahkan hasil. Bantuan ini ibarat mata air di tengah padang pasir dan menjadi mata air di mata hati masyarakat Labuhanbatu”, kata Ngampuni.
Ngampuni berharap para penerima beasiswa senantiasa mampu mempertahankan prestasi akademiknya, karena prestasi bidang akademik merupakan bekal bagi seseorang untuk menyongsong masa depan yang lebih baik.
Sementara Zulham abdul Fatah mengatakan, melalui pendidikan berkualitas akan dihasilkan anak bangsa berdaya saing tinggi, Bangsa Indonesia akan mampu membangun mental dan karakter bangsa yang memiliki rasa percaya diri, dan siap menghadapi tantangan masa depan bagaimanapun beratnya. “Pendidikan adalah kunci menuju pembangunan manusia yang cerdas, berkepribadian dan bermartabat”, katanya.
Hadir pada acara itu antara lain ketua DPRD Hj Ellya Rossa Siregar S Pd, Plt Sekdakab H Ali Usman Harahap SH, Ketua MUI Drs H Usman Ahmad, para asisten, para kepala SKPD, Ketua Tim Penggerak PKK dr Hj Fitra Laila TP Siregar SpTHT, Ketua Dharma Wanita Persatuan Hj Chairani Ali Usman, para kepala sekolah dan para orang tua siswa yang menerima bantuan.( dpg).

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Entri Populer

 
Toggle Footer