Breaking News
Loading...
Saturday, October 26, 2013

Informasi CPNS Nias - Pemeritah Kabupaten Nias Menyerahkan Beasiswa Berprestasi

7:56 AM
Sekitar 500 siswa siswi se-Kabupaten Nias terdata mendapatkan beasiswa prestasi, yang didanai APBD tahun 2013 Kabupaten Nias. Acara penyerahan beasiswa berprestasi tersebut berlangsung di dua lokasi, salahsatunya di Aula Kantor Camat Gidö Kabupaten Nias.
Acara tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Nias, disambut penuh antusias oleh ratusan masyarakat yang hadir menyaksikan, serta orangtua pendamping siswa berprestasi di daerah itu.
Beasiswa berprestasi itu, ditujukan kepada siswa-siswi tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, hingga Kejuruan dan Menengah Atas. Sedangkan nominal besaran beasiswa yang diberikan kepada siswa yakni pada tingkat SD, juara pertama sebesar 390ribu rupiah persemester, juara kedua 270ribu rupaih persemester. Sementara di tingkat SMP, juara pertama mendapatkan beasiswa sebesar 780ribu rupiah persemester, juara kedua 660ribu rupiah persemester, dan tingkat SMA/SMK juara pertama mendapatkan 750ribu rupiah persemester, juara kedua 570ribu rupiah persemester.
“Pendidikan merupakan sarana utama pembentukan generasi penerus daerah dan bangsa, karena semakin maju kualitas pendidikan, maka semakin maju pula daerah tersebut. Pemberian beasiswa prestasi bertujuan untuk menstimulus siswa/siswi untuk meraih, mempertahankan dan meningkatkan prestasinya, program beasiswa diharapkan mampu memicu motivasi pihak sekolah dan pribadi peserta didik di wilayah Kabupaten Nias untuk lebih meningkatkan kapasitas serta kualitasnya ”, Ungkap Bupati.
Demikian disampaikan Bupati Nias Drs.Sokhi Atulo Laoli MM, Ia juga mengatakan, pendidikan sebagai faktor utama dalam membangun karakter daerah dan faktor penggerak perekonomian suatu daerah, oleh karena itu, sebenarnya daerah tidak melulu fokus pada pengembangan pembangunan dari sektor ekonomi, namun untuk sektor yang dapat mengembangkan sumber daya manusia juga harus diperhatikan, khususnya di bidang pendidikan, karena itu, untuk terus dapat mengikuti perkembangan globalisasi yang saat ini semakin maju, harus disertai dengan SDM yang maju pula.
Menuru Bupati, pemberian beasiswa berprestasi itu merupakan tanggung jawab Pemerintah Daerah untuk secara sadar, konkrit dan terencana megembangkan dan melaksanakan peran dalam dunia pendidikan, demi tujuan membentuk generasi muda Kabupaten Nias yang berkompeten.
“ Pemerintah Daerah juga sangat menyadari akan nilai strategis dan pentingnya pendidikan, sehingga menjadikan program pengembangan dan penguatan bidang pendidikan sebagai Program Pro Rakyat, Visi Misi Pemerintah Kabupaten Nias periode 2011 2016 ” imbuh Sokhi Atulo Laoli.
Sementara itu, dalam jadwal yang sama di lokasi yang berbeda, Wakil Bupati Nias Arosökhi Waruwu SH MH juga melakukan kunjungan di Kecamatan Hiliduho untuk menyerahkan secara simbolik beasiswa berprestasi di kawasan itu. Dalam arahannya, Arosökhi Waruwu SH MH mengatakan, prinsip pemberian beasiswa tersebut diharapkan dapat menjadi motivasi kuat kepada seluruh peserta didik di wilayah Kabupaten Nias untuk menjadi siswa terbaik di sekolahnya.
Ia juga menyampaikan, kepada seluruh guru di Kabupaten Nias untuk tidak berhenti menggali ilmu dan motivasi dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah masing-masing, sehingga cita-cita untuk mencerdaskan generasi muda di wilayah Kabupaten Nias dapat tercapai.
” Beasiswa Prestasi Program Pro Rakyat Kabupaten Nias, motivasi seluruh warga sekolah dan guru-guru untuk terus pro aktif dalam meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan Ujar Wakil Bupati.
Menurut Arosökhi Waruwu, beasiswa prestasi yang diberikan kepada seluruh siswa siswi Kabupaten Nias yang memiliki talenta, diimplementasikan sebagai penghargaan atas prestasi yang telah dicapai selama satu semester, dan diharapkan sebagai pemicu semangat untuk terus berprestasi pada semester mendatang.
Menanggapi hal tersebut, Camat Gidö Julius I.P Harefa menghimbau agar siswa siswi berprestasi dari Kecamatan Gidö untuk tidak merasa puas puas dan berhenti untuk berprestasi serta tinggi hati atas prestasi yang sudah diraih, namun berupaya terus meraih prestasi yang lebih tinggi dari sekarang.
Ia juga menghimbau UPT Dinas Pendidikan di wilayah itu untuk semakin bergairah dalam melakukan inovasi dan terobosan membangun prestasi pendidikan untuk mampu membawa siswa siswi dari Kecamatan Gidö berhasil dalam bersaing sportif dengan siswa dari daerah lainnya.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Entri Populer

 
Toggle Footer