Breaking News
Loading...
Wednesday, October 2, 2013

Pemberian Beasiswa Warnai Peringatan Hardiknas di Labuhanbatu

7:45 AM
Bupati Labuhanbatu dr H Tigor Panusunan Siregar SpPD mengajak para orang tua untuk menyekolahkan anaknya, karena Pemkab Labuhanbatu sangat peduli terhadap pendidikan anak-anak di daerah ini.
Kepedulian itu, kata Tigor, dilaksanakan dengan diluncurkannya pendidikan gratis bagi siswa SLTA Negeri yang akan dimulai pada bulan Juni 2012 yang akan datang. “Jadi, tidak ada alasan bagi orang tua tidak menyekolahkan anaknya sampai jenjang pendidikan SLTA”, ujar Tigor ketika memberikan pidatonya saat memperingati hari pendidikan nasional tahun 2012 di lapangan Ika Bina Rantauprapat, Rabu (2/5-12).
Ditegaskannya, jangan ada lagi anak di Labuhanbatu yang tidak bisa mengenyam pendidikan di sekolah, baik di tingkat SD, SMP maupun SMA, karena kewajiban belajar sembilan tahun bagi setiap anak adalah amanat undang-undang. “Saya selaku bupati akan berupaya bagaimana anak bisa belajar dengan asupan pendidikan yang bermutu di daerah ini”, kata Tigor.
Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Tigor mengatakan, kita semua harus bersyukur bahwa pada periode tahun 2010 sampai 2035, bangsa kita dikarunai oleh Tuhan Yang Maha Kuasa potensi sumber daya manusia berupa populasi usia produktif yang jumlahnya luar biasa. Jika kesempatan emas yang baru pertama kalinya terjadi sejak Indonesia merdeka tersebut dapat kita kelola dan manfaatkan dengan baik, populasi usia produktif yang jumlahnya luar biasa tersebut insya Allah akan menjadi bonus demografi (demographic dividend) yang sangat berharga.
Di sinilah peran strategis pembangunan bidang pendidikan untuk mewujudkan hal itu menjadi sangat penting. Akan tetapi, sebaliknya, bukan mustahil kesempatan emas tersebut menjadi bencana demografi (demographic disaster) bila kita tidak dapat mengelolanya dengan baik. Sudah tentu hal ini tidak kita inginkan.
Pada periode tahun 2010 sampai tahun 2035 kita harus melakukan investasi besar-besaran dalam bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM) sebagai upaya menyiapkan generasi 2045, yaitu 100 tahun Indonesia merdeka. Oleh karena itu, kita harus menyiapkan akses seluas-luasnya kepada seluruh anak bangsa untuk memasuki dunia pendidikan; mulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD) sampai ke perguruan tinggi. Tentu perluasan akses tersebut harus diikuti dengan peningkatan kualitas pendidikan, sekalipun kita semua memahami bahwa pendidikan itu adalah sistem rekayasa sosial terbaik untuk meningkatkan kesejahteraan, keharkatan dan kemartabatan.
Untuk mempersiapkan generasi emas tersebut, telah disiapkan kebijakan yang sistemiatis, yang memungkinkan terjadinya mobilitas vertikal secara masif. Untuk itu, mulai tahun 2011 telah dilakukan gerakan pendidikan anak usia dini, penuntasan dan peningkatan kualitas pendidikan dasar, penyiapan pendidikan menengah universal (PMU) yang insya Allah akan dimulai tahun 2013.
Untuk mempersiapkan generasi emas tersebut, telah disiapkan kebijakan yang sistemiatis, yang memungkinkan terjadinya mobilitas vertikal secara masif. Untuk itu, mulai tahun 2011 telah dilakukan gerakan pendidikan anak usia dini, penuntasan dan peningkatan kualitas pendidikan dasar, penyiapan pendidikan menengah universal (PMU) yang insya Allah akan dimulai tahun 2013.
Pada kesempatan itu juga dilaksanakan pemberian Beasiswa dari PT Jamsostek Cabang Kisaran kepada anak karyawan perusahaan perkebunan di Kabupaten Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara dan Labuhanbatu Selatan yang berprestasi.
Hadir pada kesempatan itu Dan Dim 0209 Letkol Inf Abdi Iman Sakti Zebua, Kapolres AKBD Hirbak Wahyu Setiawan SIK, Ketua Pengadilan Negeri Sabarulina Ginting SH, Kajari Bambang Sudrajat SH, Wakil Bupati Suhari Pane SIP, Ketua Tim Penggerak PKK Hj Fitra Laila TP Siregar SpTHT, Sekdakab H Ali Usman Harahap SH, Asisten Pemerintahan Drs Karlos Siahaan, Asisten Administrasi Umum Ahmad Muflih SH, para kepala SKPD, Ketua Dewan Pendidikan, OKP, mahasiswa dan pelajar.(AR).

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Entri Populer

 
Toggle Footer