Breaking News
Loading...
Friday, April 4, 2014

Info Beasiswa Kabupaten Mentawai - BNPB Salurkan Beasiswa Mahasiswa Mentawai Korban Tsunami

7:20 AM
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan beasiswa sebanyak Rp99 juta untuk mahasiswa Mentawai yang kuliah di Padang dan luar Sumatera melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPB) Sumatera Barat (Sumbar) yang diteruskan pada BPBD Mentawai.

Bantuan yang diberikan BPBD ini berupa uang tunai senilai Rp1 juta per mahasiswa. "Bantuan ini diberikan kepada mahasiswa Mentawai yang orangtuanya meninggal dan bangunan rumah tempat tinggal mereka tersapu tsunami yang melanda daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai 25 Oktober 2010," ujar Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD Sumbar Oktvianus, pada okezone, Selasa 25 Oktober kemarin.

Bantuan ini, lanjutnya, diberikan pada 99 mahasiswa yang aktif kuliah di Padang dan tersebar di beberapa perguruan tinggi. Bantuan ini juga sebagai salah peringatan satu tahun gempa di Mentawai. "Dana beasiswa ini berasal dari BNPB. Tidak hanya mahasiswa, murid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), TK, SD, SMP, dan SMA juga menerima bantuan uang tunai tersebut. Jumlahnya bervariasi," katanya di Jalan Jendral Sudirman, Padang.

Mahasiswa yang merima bantuan itu berasal dari Kecamatan Sipora Selatan, Pagai Utara, Pagai Selatan, dan Sikakap. Sementara bantuan untuk PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA untuk Kecamatan Sipora Selatan telah disalurkan kemarin. "Untuk PAUD mendapat Rp250 ribu, TK Rp350 ribu, SMP sebanyak Rp400 ribu, dan SMA senilai Rp450 ribu untuk masing-masing siswa," tambah Oktavianus.

Dana ini merupakan dana recovery atau pemulihan, sebelum masuk fase tahap rehap rekon. Total beasiswa untuk mahasiswa ini telah disediakan sebanyak Rp99 juta. Sementara, dana tahap recovery ini disediakan sebanyak Rp13,9 miliar untuk pendidikan, ekonomi, pertanian, dan pembangunan umum. "Total keseluruhan mulai dari tanggap darurat, recovery, sampai rehap rekon untuk Mentawai sudah disediakan dana sebanyak Rp1,16 triliun," pungkasnya.

Pembagian uang tunai tersebut langsung dilakukan di Kantor BPD Sumatera Barat yang dibagikan oleh staf Dinas Pendidikan Mentawai. Dinas ini ditunjuk BPBD Mentawai untuk menyalurkan bantuan untuk mahasiswa di Mentawai yang terkena bencana.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Entri Populer

 
Toggle Footer