Sebanyak 11 siswa SMA di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, mendapatkan program beasiswa Bidik Misi pada tahun 2012.

"Ke-11 siswa tersebut berasal dari SMAN 3," kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Bukittinggi Ellia Makmur di Bukittinggi, Selasa.

Menurut dia, ke-11 siswa tersebut merupakan siswa yang diterima di berbagai perguruan tinggi di tanah air melalui SNMPTN jalur undangan, PMDK dan undangan.

"Ke-11 siswa tersebut akan mendapat bantuan per satu semester per orang masing-masing Rp6 juta yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN)," kata dia.

Menurut dia, ke-11 siswa yang mendapat beasiswa bidik misi tersebut berasal dari keluarga kurang mampu dan akan dibiayai negara sampai tamat kuliah.

Ke-11 siswa itu yakni Yorika Hafelani (jurusan ilmu keperawatan diterima di Universitas Andalas), Endra Panreski (jurusan teknik kimia di Universitas Indonesia), Vanny Aprilliany (jurusan gizi diterima di Universitas Indonesia), Nurhalimah Mardianita (jurusan ekonomi dan studi pembangunan di Institut Pertanian Bogor).

Dilla Sari Puspa (jurusan biologi diterima Institut Pertanian Bogor), Abri Mulyadi (fakultas teknik pertambangan dan perminyakan di Institut Teknologi Bandung), Vina Novia Sari (jurusan ilmu keperawatan di Universitas Indonesia), Dini Puti Angelia (jurusan arsitektur interior di Universitas Indonesia).

Suci Utami (jurusan pendidikan ekonomi di Universitas Negeri Jakarta), Anggraini Mutia Sari (jurusan ilmu kesejahteraan sosial di Universitas Indonesia), dan Damia Liana (jurusan ilmu ekonomi di Universitas Indonesia).

Kepala SMAN 3, Persalide menyebutkan, pada tahun ini siswa SMAN 3 yang diterima di perguruan tinggi negeri melalui SNMPTN jalur undangan, PMDK dan undangan sebanyak 25 siswa.

Dikatakannya, ke-25 siswa itu, 11 siswa diterima di Universitas Indonesia 11 orang, empat siswa di Institut Teknologi Bandung, lima siswa di Universitas Andalas, tiga siswa di Institut Teknologi Bogor serta di Universitas Negeri Jakarta dan Universitas Negeri Padang masing-masing satu siswa.

Sedangkan yang diterima di perguruan tinggi swasta melalui PMDK dan undangan sebanyak 26 orang antara lain President Univercity (Jakarta) delapan siswa, Jalur JPPAN-OSN SMBB Telkom (Bandung) tujuh siswa, Politeknik Caltex Riau tiga siswa, STTN (Sekolah Tinggi Nuklir) Yogyakarta tiga siswa dan Program Diploma IPB(Bogor) lima siswa.

Dia menyebutkan, pada tahun 2011 lalu jumlah siswa SMAN 3 Bukittinggi yang diterima melalui SNMPTN jalur undangan sebanyak 30 siswa dan 22 siswa memperoleh beasiswa bidik misi.