Breaking News
Loading...
Thursday, April 10, 2014

Beasiswa Sekolah Kab SOlok - 169 Mahasiswa Kurang Mampu Terima Beasiswa Pemkab Solok

9:09 PM
Pemerintah Kabupaten solok  menyerahkan bantuan kepada beberapa orang mahasiswa yang berprestasi dan kepada sejumlah Mahasiswa tidak mampu yang   berdomisili dilingkungan pemerintahan  kabupaten solok, Minggu (30/6) di Aro Suka.

Penyerahan bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Bupati solok Desra Ediwan, yang didamping oleh  kepala Dinas Pendapatan Pengelola Keuangan dan Asset (DPPKA) pemerintahan kabupaten Solok  Marwis, dan beberapa orang pejabat daerah setempat lainnya.

Dikatakan Marwis, Bantuan ini adalah bentuk kepedulian pemerintah daerah akan dunia Pendidikan di
kabupaten solok. Dengan adanya bantuan ini kita berharap Siswa dan mahasiswa untuk mempergunakan uang dengan semestinya.

Untuk penerimaan Bantuan Beasiswa berprestasi dan beasiswa kurang mampu tersebar dari 22 perguruan tinggi yang ada di sumbar dan luar sumbar. Jumlah mahasiswa yang diberikan beasiswa sebanyak 169 orang.

Lanjutnya mengatakan, untuk bantuan tersebut pemerintah daerah kabupaten solok telah menganggarkan dana yang cukup besar. Untuk tahapan penerima pertama total dominan  sebesar 278.500.000, dari total dana tersebut mahasiswa memperoleh 1,5 juta sampai 2 juta perorang.

Mahasiswa yang diberikan beasiswa adalah mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Solok yang berkuliah di 22 Perguruan Tinggi. Mahasiswa yang diberikan beasiswa adalah yang mempunyai Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 3,5 Minimal tetapi Namun dari keluarga kurang mampu.

Untuk Penerimaan bantuan Mahasiswa berprestasi dan mahasiswa kurang mampu pemerintah daerah menyaring mahasiswa tersebut. Untuk mahasiswa berprestasi kita melihat dari IPK mahasiswa tersebut, kategori Dan begitu juga dengan mahasiwa undangan, Sedangkan untuk mahasiswa kurang mampu harus ada semacam surat rekomendasi dari kantor wali nagari setempat atau surat keterangan miskin dari Wali Nagari, ujarnya.

Lanjut Marwis menjelaskan, dari total penerima beasiswa tersebar dari 22 Perguruan tinggi di sumbar dan luar sumbar. Itu adalah putra putri masyarakat Kabupaten solok. Dari total 22 perguruan tinggi yang ada di kota dan kabupaten solok, yang terbanyak 5 lima Perguruan tinggi seperti STAIN batu sangkar 42 orang, UNP 39 orang, IAIN Imam Bonjol 22 orang, UMMY 19 orang dan STAI solok Nan Indah 13 orang.

"Bantuan Beasiswa Berprestasi dan beasiswa kurang mampu untuk tahapan kedua akan kita serahkan di pertengahan bulan September 2013 mendatang," Ujar Marwis.

Wakil Bupati Solok Desra Ediwan mengatakan, mahasiswa yang telah terpilih untuk memperoleh Beasiswa ini, dikarenakan tentu saja lebih dari 169 proposal yang masuk ke Pemda, namun dikarenakan keuangan daerah yang relatif kecil maka tentu saja baru sejumlah itu yang bisa diberikan beasiswa ini.

Diharapkan dengan beasiswa ini, bisa sedikit meringankan beban mahasiswa untuk menghadapi semester atau masa perkuliahan yang akan dimulai lagi.
Lanjut Desra Ediwan mengatakan, Mahasiswa juga diharapkan untuk mempertahankan dan meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan atau mengikuti perkuliahan, sehingga tentu saja dengan SDM yang tinggi bagus Kabupaten Solok dimasa yang akan datang tentu menjadi lebih baik lagi.

"Namun kita harapkan kepada mahasiswa jangan menanamkan atau bertekad nantinya setelah tamat kuliah untuk menjadi PNS saja, tetapi hendaknya lulusan Perguruan Tinggi ini, mampu untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri." Tutur Desra Ediwan.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Entri Populer

 
Toggle Footer