Breaking News
Loading...
Monday, April 28, 2014

Info Beasiswa Payakumbuh - BAZ Payakumbuh Beri Beasiswa

7:49 PM
Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat menyediakan beasiswa senilai Rp1,5 miliar untuk 1.556 pelajar dari keluarga kurang mampu di Payakumbuh.
Penyerahan beasiswa itu berlangsung selama dua hari, 21-22 Maret, di tempat berbeda. Beasiswa untuk siswa sekolah umum diberikan di GOR M. Yamin dan untuk siswa dari sekolah berbasis agama di aula Kantor Kementerian Agama Payakumbuh.
Ketua BAZ Payakumbuh Maharnis Zul, di Payakumbuh, Kamis (22/3) menginformasikan, penyerahan beasiswa buat pelajar dari keluarga kurang mampu tersebut, sudah menjadi program tahunan BAZ untuk membantu meningkatkan SDM warga kota.
Maharnis mengatakan, beasiswa untuk pelajar SD/MI, diberikan sebesar Rp200 ribu, untuk pelajar SMP/MTs sebesar Rp300 ribu dan buat pelajar SMA/SMK/MA senilai Rp400 ribu. Menurut Maharnis sasaran beasiswa ini selain siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu di Payakumbuh, juga difokuskan untuk siswa semester akhir. Hal itu dilakukan agar beasiswa yang diberikan benar-benar dirasakan manfaatnya, terutama untuk melanjutkan pendidikan mereka.
Data Badan Amil Zakat Payakumbuh, jumlah siswa SD/MI yang beroleh beasiswa sebanyak 605 orang, terdiri dari 487 murid SD dan 118 murid MI. Sebanyak 326 orang dari siswa SMP, dan 189 siswa MTs. Sementara untuk tingkat SLTA, terdiri dari 282 siswa SMA/SMK serta 154 siswa MA.
Selain beasiswa, BAZ Payakumbuh menurut Maharnis Zul juga akan memberikan bantuan modal usaha kepada 950 KK kurang mampu di Payakumbuh. Untuk menentukan penerima bantuan, BAZ akan bekerjasama dengan BPS kota Payakumbuh. "Setiap KK akan dibantu modal usaha sebesar Rp1 juta," kata Maharnis Zul.
Sementara itu, Wakil Walikota Payakumbuh Syamsul Bahri dalam kesempatan yang sama di Kantor Kementerian Agama, berharap beasiswa yang diberikan dapat menjadi pendorong semangat siswa serta orang tua untuk terus melanjutkan sekolah.
"Karena itu, beasiswa ini jangan digunakan untuk kebutuhan yang bersifat konsumtif," katanya.
Penyerahan bantuan tersebut juga disaksikan Kadisdik Edvianus serta Kepala Kantor Kementerian Agama, Bustari. (mko)

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Entri Populer

 
Toggle Footer