Breaking News
Loading...
Monday, April 14, 2014

Info Beasiswa Tanah Datar - Beasiswa Bagi Siswa Tak Mampu di PT Terkemuka

8:36 PM
Bingung biaya untuk melanjutkan pendidikan? Ternyata, Pemkab Tanahdatar sudah mengantisipasi. Mulai tahun ajaran 2006/2007 dialokasikan dana bagi lulusan SMA untuk melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah. Tak tanggung-tanggung, perguruan tinggi yang dipatok pun perguruan tinggi terkemuka; Unand Padang, UI Jakarta, IPB Bogor, ITB Bandung, dan UGM Yogjakarta. Tak hanya itu, dalam tahun ini, peringkat Tanahdatar di bidang pendidikan semakin membaik.

”Tahap awal, dialokasikan Rp 350 juta,” jelas Kepala Dinas Pendidikan dan Tenaga Kerja Kabupaten Tanahdatar Drs Ali Asmar Mpd, didampingi Kasubdin SLTP/SMA Nasrul SPd, Rabu lalu (27/9) di ruang kerjanya.

Ide mengganggarkan dana beasiswa ini berasal dari mengamati persoalan yang dialami keluarga tak mampu. Masalah pendidikan ini, tak hanya persoalan bagi orang tua, tetapi juga menjadi masalah bagi Pemerintahan Kabupaten. Selama ini, untuk di bangku SLTA saja sudah menjadi persoalan bagi orang tua, apalagi jika harus melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Kondisi itu semakin terasa menyedihkan anak-anak mereka diterima di universitas terkemuka melalui jalur PMDK.

“Tak masanya lagi terhenti pendidikan lantaran tak mampu,” ungkap Ali Asmar. Solusinya, Pemkab Tanahdatar memberikan kepeduliannya. Alasannya, bagaimana pun juga, anak-anak tersebut merupakan asset Tanahdatar yang tak ternilai.
Dari catatan yang ada, sudah tercatat sebanyak 70 orang siswanya yang anaknya akan bisa masuk perguruan tinggi terkemuka, tapi orang tuanya tidak mampu.
Hanya saja, berkaitan dengan nilai beasiswa yang akan diberikan Pemda tanahdatar itu akan disesuaikan dengan jumlah mahasiswa tersebut, disamping ada 7 orang siswa lainnya akan dibantu dana beasiswa dari Propinsi.

Dana yang dianggarkan dalam APBD Tanahdatar tersebut juga merupakan kesempatan emas bagi para orang tua untuk terus memacu pendidikan apalagi dari segi kualitas ternyata kemampuan siswa-siswa Tanahdatar tidak kalah bersaing dengan sekolah lainnya di Sumatera Barat.

Dari SMA I Batusangkar, delapan orang siswanya berhasil masuk di universitas terkemuka. Di antaranya Yulia Tempatih Putri di ITB jurusan Teknologi Kima, Randi Putra Meta Agil Ciptaan Silvia Ezita (UI) dan Fratika Zarmy, Niagella Augoestien, Silvia Ezita, Fadhila Hutmi, Elwidya Bastian (IPB).

Sementara khusus untuk Yulia Tempatih Puteri berhasil lolos melalui seleksi dari program Kemitraan Nusantara ke ITB Bandung yaitu jurusan Teknonologi Kimia dan satu lagi ke Universitas Indonesia masih menunggu karena melalui kerjasama Pemda Tanahdatar melalui program kemitraan Nusantara dengan ITB Bandung.
“Kita berhasil mengirim utusan Tanahdatar ke ITB setelah diseleksi dari 19 orang utusan siswa Kabupaten Tanahdatar melalui test jalur Kemitraan Nusantara dalam dua kali penyaringan,” jelas Ali Asmar.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Entri Populer

 
Toggle Footer