Breaking News
Loading...
Sunday, September 22, 2013

Informasi Beasiswa Asahan - Otorita Asahan salurkan beasiswa S1 dan S2

8:38 AM
Otorita Asahan memberikan beasiswa (S-1) dan (S-2) kepada 16 mahasiswa berprestasi yang berasal dari kabupaten/kota selingkar Danau Toba dan Proyek Asahan.  

Ketua Otorita Asahan, Effendi Sirait, di Medan, tadi siang, mengatakan, pemberian beasiswa tersebut merupakan bagian dari kepedulian Otorita Asahan terhadap perkembangan pendidikan generasi muda.  

Otorita Asahan tahun akademik 2009/2010 ini berencana memberikan beasiswa kepada 120 orang dari jenjang pendidikan Sarjana (S-1) dan Pasca Sarjana (S-2), katanya.  

Dari 120 beasiswa yang direncanakan tersebut yang baru direalisasikan sebanyak 20 orang, masing-masing 16 orang mahasiswa yang kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Sumut dan empat orang mahasiswa yang kuliah di PTN Pulau Jawa.  

Ke-16 mahasiswa penerima beasiswa tersebut masing-masing berasal dari 12 orang dari Tanjung Balai, tiga dari Tapanuli Utara dan satu dari Samosir. Mereka kuliah di Universitas Sumatera Utara sebanyak empat orang, Unimed 7 orang, IAIN 2, UMSU 2 dan Universitas Terbuka satu orang.  

Besaran beasiswa yang disalurkan kepada masing-masing sebesar Rp8 juta per orang per bulan untuk mahasiswa S-1 dan Rp1.250 ribu untuk mahasiswa jenjang pendidikan S-2. 

"Kami mengharapkan agar mahasiswa tersebut dapat memanfaatkan bantuan beasiswa Otorita Asahan ini dengan sebaik-baiknya untuk tujuan menyelesaikan studi dengan baik," katanya.  

Dijelaskan, tujuan pemberian beasiswa tersebut antara lain adalah untuk membantu pembiayaan perkuliahan dan meningkatkan motivasi mahasiswa dalam mengembangkan diri serta meningkatkan kecintaan kepada pelestarian Danau Toba dan Proyek Asahan.  

Sumber dana beasiswa ini berasal dari PT Inalum yang merupakan perusahaan patungan Indonesia dan Jepang yang mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dengan kapasitas 604 MW dan Pabrik Peleburan Aluminium (PPA) Kuala Tanjung dengan kapasitas produksi 250 ribu ton per tahun. 

Mengenai syarat pemberian beasiswa tersebut adalah orang tua calon harus berdomisili di Kabupaten/Kota selingkar Danau Toba dan Proyek Asahan dengan pendapatan maksimal Rp4 juta per bulan. 

Selain itu penerima beasiswa harus memiliki indeks prestasi minimal 3 untuk mahasiswa S-1 dan 3,25 untuk mahasiswa S-2.

3 comments:

  1. apakah ada beasiswa otorita asahan tahun 2014/2015 bagi mahasiswa yg kuliah di pulau jawa?

    ReplyDelete
  2. masih buka pendaftarannya? gimana cara daftarnya?

    ReplyDelete
  3. Kapan mendaftar untuk tahun ini?

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Entri Populer

 
Toggle Footer