Breaking News
Loading...
Sunday, September 29, 2013

Informasi Beasiswa Humbang Hasundutan - Gawat, TA 2014 Beasiswa Bagi Siswa Tingkat SD Berprestasi Dimasukkan di APBD

7:54 AM
Dolok Sanggul, BPB
            Sesudah diberitakan penderitaan siswa di kalangan Sekolah Dasar yang memiliki prestasi berturut-turut raih juara satu tanpa ada terima beasiswa, Pemkab Humbang Hasundutan akan menampung anggarannya di APBD TA 2014.
            “ Memang tidak ada anggarannya. Tapi sekaitan itu nanti akan dimasukkan di APBD TA 2014. Itulah yang bisa kita sampaikan terkait siswa tersebut, tulang,” kata Sekretaris Daerah Saul Situmorang melalui Kepala Bagian Kehumasan Pemkab Humbang Hasundutan Osbon Siahaan via telepon, Selasa (23/7) siang.
            Lebih lanjut ketika ditanya, kenapa sampai seperti itu, Osbon enggan menerangkan. Ianya hanya menyampaikan, aturanya sudah seperti itu. Osbon juga mengakui, sekaitan beasiswa untuk kalangan siswa SD belum ada anggaranya bagi siswa yang peroleh beasiswa.
Namun untuk di kalangan tingkat SMP, Osbon mengakui ada diambil dari dana BOS, katanya ketika disinggung ke dana BOS.
Sekedar mengingatkan, sejak berdirinya maupun sejak dua periode jabatan Maddin Sihombing dan Marganti Simanullang, siswa di tingkat SD yang memiliki prestasi raih juara satu berturut-turut tidak ada mendapatkan bentuk beasiswa maupun lainnya. Yang hanya, dari pihak sekolah memberikan piagam sekolah prestasi.
Kepada wartawan, Senin (15/7) orang tua siswa SD di salah sekolah Kecamatan Dolok Sanggul mengaku marga Siregar yang berhasil dijumpai demikian mengakui hal tersebut. Namun, marga Siregar ini tidak dapat berbuat atas prestasi yang diperoleh anaknya ke sekolah.
Menurut Siregar, takut akan ada sebuah tindakan yang tidak diketahuinya terhadap anaknya. Tetapi ia mengakui merasa cukup senang ada sebuah piagam penghargaan terhadap anaknya tersebut. Ketika anaknya, turun nilai rangkingnya yang hanya juara dua ketika duduk dibangku kelas III.
Ketika ditanya sudah kelas berapa anaknya, Siregar mengatakan sudah kelas V dan sejak kelas IV anaknya kembali beprestasi peroleh juara I hingga kelas V.” Saya cukup senang biarpun hanya piagam penghargaan saja. Itu ketika turun rangkingnya hanya juara II ketika kelas III, tapi sejak kelas I, II dan memasuki kelas IV sampai kelas V tetap juara satu”, katanya.
Tak hanya itu, marga Purba juga demikian serupa mengakui hal tersebut. Namun, anak dari marga Purba ini sejak kelas I sampai kelas VI terus yang berturut-turut berprestasi peroleh juara I perhatian, Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan ini tidak ada hanya sebuah piagam penghargaan saja.
Sementara, berbeda dengan orang tua dari marga Siregar ini, marga Purba ini pernah menanyakan kepada pihak sekolah anaknya kenapa tidak ada pemberian beasiswa, pihak sekolah mengakui kepadanya untuk beasiswa dialihkan kepada orangtua siswa yang tidak mampu.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Wisler Sianturi melalui Kabid Dikdasnya Marusaha Nababan ketika dikonfirmasi sempat menanyakan dimana sekolah siswa itu yang berprestasi. Menurut Marusaha sesuai diketahuinya, ada memang bagi siswa yang berprestasi peroleh beasiswa dari dana BLSM.
Menurutnya, bila orangtuanya peroleh dana BLSM maka anaknya juga akan peroleh beasiswa dari dana BLSM. Kemudian, ia juga mengakui tidak ada diketahuinya selama ini bagi siswa yang beprestasi berturut-turut juara satu peroleh beasiswa dan itu diakuinya lagi dikarenakan tidak ada anggaran. Ketika ditanya ke dana BOS, Marusaha mengakui tidak ada disebutkan untuk ke beasiswa, akunya melalui via telepon.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Entri Populer

 
Toggle Footer