Breaking News
Loading...
Sunday, September 29, 2013

Informasi Beasiswa Karo - Dana Bea Siswa Miskin di Karo Butuh Penambahan

3:44 PM
Karo Simantab.com – Daftar usulan bea siswa miskin atau kurang mampu di Kabupaten Karo tingkat SMP tahun 2012 diterima sebanyak 298 orang siswa, dengan anggaran Rp 126.000.000 dari 35 sekolah.
Sementara untuk tingkat SMA/SMK diterima 102 orang siswa dari 17 SMA/SMA, dengan dana sebesar Rp 43.350.000, yang ditampung dalam APBD Kabupaten Karo tahun 2013.
Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Karo Sastra Tarigan, melalui Kasi Sarana/ Prasarana Dikmen Serli br Keliat kepada Simantab, Rabu (15/05/2013).
Menurutnya, anggaran tersebut sangat membantu masyarakat yang kurang mampu. Hanya saja mengingat anggarannya terbatas, maka diyakini bea siswa tersebut tidak merata. Hal ini mengingat masih banyak anak-anak yang putus sekolah, karena tidak memiliki biaya.
“Karena anggarannya terbatas, maka kami melakukan rotasi penerima dalam setiap tahunnya. Para siswa menerima Rp 425.000 untuk bantuan bea siswa miskin tersebut. Dari data yang ada, tidak ada sekolah yang menerima bea siswa lebih dari 10 siswa,” jelas Serly.
Ini membuat pihaknya mengharapkan agar dalam tahun ini, dana anggarannya dinaikkan guna peningkatan pendidikan di Karo. Sehingga para siswa yang betul-betul tidak mampu mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan tidak berhenti ditengah jalan, hanya karena tidak memiliki biaya.
Menanggapi hal tersebut, Anggota DPRD Karo dari Komisi C yang membidangi pendidikan Suranta Sitepu, menyampaikan bahwa pihaknya senantiasa mendukung segala jenis pengusulan demi meningkatkan dunia pendidikan di daerah tersebut.
“Kita mengharapkan kiranya Pemkab Karo dan Disdik menambah kuota selain yang telah ditentukan. Jika tiba saatnya pengusulan anggaran ke DPRD, kita bisa menyetujui jumlah tambahan kuota tersebut.. Ini untuk membantu para siswa yang benar-benar tidak mampu,” jelas Suranta.
Dia menambahkan, bahwa saat ini tak ada alasan untuk tidak bersekolah, karena biaya. Karena dari pemerintahan pusat memberikan bantuan seperti dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Bantuan Siswa Miskin ( BSM ), dan lain sebagainya.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Entri Populer

 
Toggle Footer